GANESA

BATHARA GANESA disebut pula dengan nama Bathara Gana. Ia dewa ilmu pengetahuan berwujud raksasa berkepala gajah. Bathara Ganesa adalah putra Bathara Guru/Sanghyang Manikmaya dengan Dewi Uma.

Ia lahir atas keinginan Bathara Guru yang menginginkan seorang putra yang ahli dalam hal mendidik. Hal ini karena Bathara Guru ingin menyadarkan Prabu Nilarudraka, raja raksasa dari negara Glugutinatar yang dengan pasukan gajahnya mengamuk di Suralaya agar keinginannya memperistri Dewi Garmayang dikabulkan Bathara Guru.Dewi Uma yang saat itu sedang mengandung, sangat terkejut dan lari ketakukan begitu melihat gajah Erawana, kendaran Bathra Indra, yang sangat luar biasa dalam bentuk dan wujudnya serta mempunyai kesan sangat mengerikan dan menakutkan.

Pengaruh ketakutan itu terwujud pada kelahiran putranya yang berwujud raksasa berkepala gajah. Anak tersebut kemudian diberi nama Bathara Ganesa.

Bathara Ganesa kemudian dibawa ke medan perang untuk dihadapkan dengan Prabu Nilarudraka. Dalam peperangan, Bathara Ganesa akhirnya dapat membunuh dan membinasakan Prabu Nilarudraka, sedangkan pasukan gajah Glugutinatar dapat dihancurkan pasukan gajah Suralaya dibawah pimpinan Batahra Indra yang menaiki gajah Erawana.

Dalam masa hidupnya, Bathara Ganesa bertugas memberi pelajaran ilmu pengetahuan kepada umat di Tribuana. Oleh karena itu ia diagung-agungkan sebagai lambang sumber segala ilmu.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Contact

Nama

Email *

Pesan *