PALUPI

Adalah tokoh wayang cerita Mahabarata, Dewi Palupi atau Dewi Ulupi adalah putri tunggal Bagawan Jayawilapa di pertapaan Yasarata. Dewi Ulupi seorang putri cantik jelita, luhur budinya, bijaksana, sabar, cinta kasih terhadap sesama, setia dan sangat bebakti baik terhadap suami maupun orang tuanya.

Dewi Palupi menikah dengan Raden Arjuna satria Pandawa. Pertemuannya terjadi tatkala Arjuna yang dalam keadaan pinsan jatuh di pertapaan Yasarata dari udara. Ketika itu Arjuna sedang diminta bantuannya oleh Dewata untuk mengusir Prabu Pracona dan patihnya Sakipu dari negara Gilingwesi yang sedang mengamuk di Suralaya akibat lamarannya ingin memperistri Dewi Gagarmayang ditolak Bathara Guru. Arjuna yang kalah dalam peperangan dalam keadaan tak sadarkan diri tubuhnya dilempar ke angkasa oleh Prabu Pracona melayang-layang dan akhirnya jatuh di pertapaan Yarasata.
Dari perkawinannya dengan Arjuna Dewi Ulupi memperoleh seorang putra lelaki yang berwajah sangat tampan dan diberi nama Bambang Irawan.

Dewi Ulupi sangat kasih dan sayang terhadap putranya. Sejengkalpun tak pernah berpisah. Ia baru berpisah dengan Bambang Irawan menjelang pecah perang Baratayudha. Irawan pergi ke Amarta untuk menemui ayahnya, Arjuna karena ingin mengabdikan diri pada keluaga Pandawa dalam perang melawan keluarga Kurawa. Itulah perpisahan pertama dan terakhir Dewi Ulupi dengan putranya karena Bambang Irawan tewas dalam pertempuran melawan Ditya Kalasrenggi, raja raksasa negara Gowabarong pada awal pecah perang Baratayuda.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Contact

Nama

Email *

Pesan *