PRATIPEYA

PRABU PRATIPEYA adaklah raja negara Swandapura. Ia berperawakan sedang, berpenampilan tegap dan gagah. Prabu Pratipeya sangat sakti. Memiliki sifat dan perwatakan ; pemberani, keras hati dan selalu menurutkan kata hati.Ia juga mahir dalam olah keprajuritan, khsusunya mempergunakan senjata panah.

Prabu Pratipeya masih keturunan Prabu Kalaruci, raja negara Paranggubarja. Prabu Kalaruci tewas dalam peperangan melawan Prabu Pandu, ayah keluarga Pandawa, dalam memperebutkan Dewi Wersini, bidadari Suralaya keturunan Sanghyang Pancaresi yang telah dijodohkan dengan Arya Ugrasena, putra Prabu Basukunti, raja Mandura.

Karena dendamnya terhadap keluarga Pandawa, ketika pecah perang Bharatayuda, Prabu Pratipeya membela keluarga Kurawa. Ia terjun ke medan perang setelah gugurnya Resi Bisma. Bersama dengan Prabu Sumarma, raja negara Trigardapura, secara curang ia menyerang kubu pertahanan keluarga Pandawa di Randuwatangan. Akhirnya Prabu Pratipeya tewas dalam peperangan melawan Arjuna oleh panah Hrudadali.

0 comments:

Post a Comment