MINTUNA

BAGAWAN MINTUNA adalah Dewa ikan air tawar. Ia mempunyai tempat kedudukan di pertapaan/kahyangan Kisiknarmada.

Ia mendapat hak sebagai dewa dan mendapat gelar Bathara dari anugrah Sanghyang Manikmaya/ Bathara Guru raja Tribuana. Ia diberi wewenang sama dengan Dewa seperti Anantaboga, karena jasa-jasanya telah membimbing cucunya, Anantasena membinasakan Prabu Kalalodra, raja negara Girikadasar yang menyerang Suralaya. Bagawan Mintuna juga diberi kekuasaan merajai makhluk yang hidup di seluruh air tawar.

Bagawan Mintuna mempunyai seorang putri, Dewi Urangayu yang kawin dengan Bima, salah satu dari lima satria Pandawa, putra Prabu Pandu. raja negara Astina dengan Dewi Kunti.

Bagawan Mintuna bertemu dan membantu Bima untuk memenangkan perlombaan kecepatan membuat sungai dengan keluarga kurawa. Bima kemudian dinikahkan dengan Dewi Urangayu. Dari perkawinan tersebut lahir seorang putra yang diberi nama, Anantasena

Bagawan Mintuna berumur sangat panjang, Hal ini karena ia telah minum air kehidupan dari Cupu Madusena yang mempunya kesaktian tidak bisa mati sebelum ia sendiri yang menghendakinya serta masih bersentuhan dengan air tawar.

0 comments:

Post a Comment