SUKSARA

PRABU SUKSARA adalah putra Prabu Brahmanatama, raja negara Alengka dengan permaisuri Dewi Sukati. Ia naik tahta menjadi raja negara Alengka ke-lima menggantikan ayahnya, Prabu Brahmanatama yang hidup sebagai brahmana. Raja-raja negara Alengka sebelumnya adalah: Prabu Hiranyakasipu, Prabu Banjaranjali dan Prabu Getahbanjaran, yang kesemuanya adalah keturunan Bathara Brahma.

Prabu Suksara menikah dengan Dewi Aswanti, seorang hapsari/bidadari yang masih keturunan Bathara Semeru. Dari perkawinan tersebut ia memperoleh dua orang putra bernama; Ditya Sumali dan Ditya Maliawan.

Walau berwujud raksasa, Prabu Suksara berwatak brahmana. Ia memerintah negara Alengka dengan sifat adil dan bijaksana. Setelah Ditya Sumali dewasa, Prabu Suksara menyerahkan tahta negara Alengka kepada putranya. Ia kemudian hidup sebagai brahmana karena ia berharap ada anak keturunannya yang lahir satria dan berwatak brahmana, yang menjadi kekasih Sanghyang Wisnu. Keingginannya kelak menjadi kenyataan. Salah satu keturunannya, Arya Wibisana menjadi sahabat dan kekasih Prabu Rama, raja titisan Sanghyang Wisnu.

0 comments:

Post a Comment