JANAKA

PRABU JANAKA adalah raja negara Mantili atau Matila (Mahabharata), ayah Dewi Sinta. Prabu Janaka merupakan seorang raja yang masih keturunan Bathara Isyawa, putra ke – 2 Sanghyang Wisnu dengan permaisuri Dewi Sripujayanti. Prabu Janaka merupakan seorang raja yang berwatak brahmana, berperilaku adil paramarta, bijaksana, berhati lurus dan bersih.

Prabu Janaka bersahabat baik dengan Brahmana Kala, brahmana raksasa dari pertapaan Dwarawati. Dari Brahmana Kala itulah ia mendapatkan busur dan panah Dewa Siwa sebagai persyaratan mencari jodoh untuk putrinya, Dewi Sinta yang diyakini sebagai titisan Batahri Sri Widowati. Menurut Brahmana Kala hanya satria titisan Dewa Wisnu yang mampu mengangkat busur tersebut.

Apa yang dikatakan Brahmana Kala menjadi kenyataan. Dewi Sinta akhirnya diperistri oleh Ramawijaya, putra Prabu Dasarata, raja negara Ayodya dengan permaisuri Dewi Kusalya. Sebagai satria titisan Dewa Wisnu, Ramawijaya berhasil mengangkat busur Dewa Siwa dan memenangkan Sayembara Mantili..

Prabu Janaka berumur sangat panjang. Ia meninggal setelah menyerahkan tahta kerajaan Mantili kepada cucunya, Kusya, putra Dewi Sinta dengan Prabu Ramawijaya.

11 komentar:

Muhlisun Nur Hidayat mengatakan...

mampir di blog saya..
mlisunblog.blogspot.com

B-NET mengatakan...

MATUR SUWUN :)

ceritahidupku mengatakan...

Kereen

Unknown mengatakan...

Matur suwun sanget😊

Unknown mengatakan...

Dasarata sama destarata beda atau gimana?

Unknown mengatakan...

Prabu Janaka sama Arjuna itu sama atau tidak, mohon pencerahannya

Unknown mengatakan...

Keturunan e janaka sopoae

Unknown mengatakan...

Sebenarnya sama kalo janaka itu dasanama (namalain) dari arjuna

Alamsyah mengatakan...

Prabu Janaka yang ini beda dengan Arjuna. Dasanama dari Arjuna memang Janaka tapi gelarnya "Raden" bukan "Prabu". Kedua tokoh ini pun berada pada epos yang berbeda, Raden Janaka itu kesatriya di Madukara dan bagian dari epos Mahabharata, sedangkan Prabu Janaka yang ini adalah raja di Mantili dan begian dari epos Ramayana.

sunder mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
sunder mengatakan...

Kodi Balandro

Posting Komentar

Popular Posts

Contact

Nama

Email *

Pesan *