SIWAHJAYA

BATHARA SIWAHJAYA adalah putra sulung dari lima bersaudara putra Bathara Kala dengan Bathari Durga dari kahyangan Setragandamayit. Ke-empat adiknya yang lain adalah Dewi Kalayuwati --- menikah dengan Ditya Rudramurti mempunyai anak lelaki (berujud raksasa) yang diberi nama Wisnungkara, yang kemudian menurunkan para raja raksasa, diantaranya Arya Kunjarakresna yang berputra Prabu Yudakalakresna serta Arya Singamulangjaya, raja dan patih negara Dwarawati --- , Bathara Kalayuwana, Bathara Kalagotama dan Bathara Kartinea.

Mengandalkan kesaktiannya, Bathara Siwahjaya pernah pergi ke Jonggringsaloka menghadap Baftara Guru dan meminta untuk dijodohkan dengan Dewi Uruwaci, bidadari kecintaan Bathara Guru. Ketika lamarannya ditolak, Bathara Siwahjaya mengamuk, kemudian mengerahkan pasukan raksasa dari kahangan Selamangumpen dan para silumn dari Stragandamayit menyerang Suralaya. Perang seru terjadi. Ketika para Dewa tak dapat mengalahkan Bathara Siwahjaya, Sanghyang Narada turun ke arcapada dan meminta bantuan Resi Palasara dari pertapaan Paremana, gunung Saptaarga.

Dalam peperangan tersebut Parasara berhasil mengalahkan Bathara Siwahjaya dan mengusir para raksasa dari Selamangumpen dan siluman Setragandamayiit dari Suralaya.

0 comments:

Post a Comment