GORAWANGSA

PRABU GORAWANGSA adalah raja raksasa negara Guwabarong. Ia mempunyai adik kandung bernama Ditya Suratimantra. Mereka masih keturunan Bathara Kalagotama, putra Bathara Kala dengan Dewi Pramuni/Bathari Durga dari kahyangan Setragandamayit.

Sebagai keturunan Dewi Pramuni, Prabu Gorawangsa sangat sakti. Ia mempunyai Aji Kemayan yang dapat beralih rupa sesuai dengan kehendaknya. Gorawangsa berwatak angkara murka, serakah, tinggi hati, suka menurutkan kata hati. Karena ingin membalas dendam atas kematian leluhurnya di negara Mandura, dengan beralih rupa/wujud menjadi Prabu Basudewa (palsu), Gorawangsa memasuki keputrian Mandura dan bermain asmara dengan Dewi Mahindra/Maerah, permaisuri Prabu Basudewa. Saat itu Prabu Basudewa bersama kedua adiknya, Arya Prabu Rukma dan Arya Ugrasena sedang melakukan pesta perburuan di hutan.Perbutan culas Gorawangsa akhirnya dapat diketahui oleh Arya Prabu Rukma yang lebih dulu kembali ke Mandura.

Gorawangsa akhirnya tewas dalam peperangan melawan Arya Prabu Rukma. Namun akibat dari perbuatannya itu, Dewi Maerah menjadi hamil, dan melahirkan n seorang putra setengah raksasa yang diberi nama Kangsa/Kangsadewa. yang setalah besar menjadi raja di negara Sengkapura.

0 comments:

Post a Comment