MANDRAKESTU

PRABU MANDRAKESTU adalah raja negara Kidarba. Di dalam sarasilah Parisawuli, Mandrakestu disebutkan dengan nama Brahmakestu, putra Bathara Brahmanadewa (putra Sanghyang Brahma), dengan Dewi Srinadi, putri Sanghyang Wisnu dari permaisuri Dewi Srisekar/Dewi Sri Widowati.

Prabu Mandrakwestu mempunyai hubungan yang sangat erat dengan Prabu Meriya, raja negara Maespati dan dilanjutkan persahabatannya dengan Prabu Kartawirya, raja Maespati berikutnya.

Prabu Mandrakestu menikah dengan Dewi Isnawari, seorang hapsari keturunan Sanghyang Taya. Dari perkawinan tersebut ia memperoleh dua orang putra kembar, masing-masing bernama Arya Suryakestu dan Arya Candrakestu, yang terus melanjutkan hubungan persaudaraan itu dengan pengabdiannya terhadap Prabu Arjunawijaya, raja negara Maespati yang termasyhur sebagai penjelmaan Sanghyang Wisnu dan mempunyai gelar yang sangat terkenal ; Prabu Arjunasasrabahu.
Setelah usianya lanjut dan merasa tidak mampu lagi memegang tampuk pemerintahan, Prabu

Mandrakestu menyerahkan tahta kerajaan Kidarba kepada Arya Suryakestu. Sedangkan Arya Candrakestu menjadi raja di negara Takiya, menggantikan kedudukan mertuanya.

0 comments:

Post a Comment