TRIKAYA

Ditya TRIKAYA adalah putra Prabu Dasamuka/Rahwana, raja negara Alengka dengan Dewi Wisandi adik Prabu Wisakarma dari Gowawindu. Ia mempunyai saudara kembar bernama Ditya Trimuka. Trikaya juga mempunyai beberapa orang saudara seayah lain ibu diantaranya bernama Indrajid/ Megananda dari Ibu Dewi Tari, Pratalamariyam/Bukbis dari ibu Dewi Urangayung, Saksadewa dari ibu Dewi Satiwati dan Trisirah dari Ibu Dewi Tisnawati.

Trikaya selain sakti juga ahli menggunakan senjata racun. Trikaya dan Trimuka merupakan saudara satu guru sehingga hidup dalam satu jiwa. Apabila salah satu dari mereka mati dan mayatnya dilangkahi oleh yang masih hidup, maka yang mati akan hidup kembali.

Pada waktu pecah perang Alengka, negara Alengka diserang balatentara kera Prabu Rama di bawah pimpinan Prabu Sugriwa, raja kera dari Gowa Kiskenda, dalam upaya membebaskan Dewi Sinta dari sekapan Prabu Dasamuka, Trikaya dan Trimuka tampil senapati perang Alengka. Sepak terjang mereka sangat ganas, menakutkan dan tak tertandingi lawan. Atas petunjuk Arya Wibisana, Anoman dapat membunuh kedua raksasa kembar tersebut. Kepala Trikaya dan Trimuka diadu kumba (saling dibenturkan) hingga pecah. Trikaya dan Trimuka mati secara bersamaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Contact

Nama

Email *

Pesan *