DURGA

BATHARI DURGA pada mulanya bernama Dewi Danapati/Dewi Pramuni. Bertahun - tahun ia bertapa di hutan Krendayana karena bercita-cita ingin menjadi istri Sanghyang Manikmaya, raja Tribuana. Keinginannya terkabul, tetapi hanya badan wadagnya/raganya saja.

Oleh Sanghyang Manikmaya, badan halusnya/sukmya dipertukarkan dengan badan halus/sukma Dewi Umayi yang pada waktu itu badan raganya telah menjadi raseksi bernama Bathari Durga.

Oleh Sanghyang Manikmaya, Bathari Durga ditempatkan di Kahyangan Setragandamayit/Setraganda Umayi di hutan Krendayana, menjadi ratu/penguasa golongan makhluk siluman.

Setelah berputra Bathara Dewasrani sebagai istri Sanghyang Manikmaya, Bathari Durga kemudian dinikahkan dengan Bathara Kala, putra bungsu Sanghyang Manikmaya dengan Dewi Umayi. Dari perkawinan tersebut ia memperoleh lima orang putra masing-msing bernama ; Bathara Siwahjaya, Bathari Kalayuwati, Bathara Kalayuwana, Bathara Kalagota dan Bathara Kartinea.

Sebagai penguasa makhluk siluman, Bathari Durga berhak memberi anugrah kepada para pemujanya, baik berupa harta benda/kekayaan ataupun ilmu kesaktian. Karena berwujud akyan/badan halus, Bathari Durga bersifat abadi, hidup sepanjang jaman

0 comments:

Post a Comment