WICITRAWIRYA

WICITRAWIRYA atau Citrawirya (Adiparwa) adalah putra kedua Prabu Santanu, raja negara Astina dengan permaisuri Dewi Durgandini/Dewi Setyawati, putri Prabu Basuketi dengan Dewi Yukti dari negara Wirata. Wicitrawirya mempunyai kakak kandung bernama Citragada. Ia juga mempunyai saudara tua satu ayah bernama Resi Bisma/Dewabrata, putra Prabu Santanu dengan Dewi Gangga/Dewi Jahnawi,dan saudara tua satu ibu, yaitu Bagawan Abiyasa, putra Dewi Durgandini dengan Resi Palasara dari pertapaan Retawu.

Wicitrawirya kawin dengan Dewi Ambiki/Ambalika, putri bungsu dari tiga bersaudara putri Prabu Darmahumbara dengan Dewi Swargandini dari negara Kasi, yang berhasil diboyong ke Astina oleh Resi Bisma setelah memenangkan sayembara tanding di negara Kasi.

Wicitrawirya naik tahta kerajaan Astina menggantikan kakaknya, Prabu Citragada yang tewas dalam peperangan melawan raja gandarwa. Prabu Wicitrawirya tidak lama memerintah negara Astina. Ia meninggal karena penyakit, tanpa meninggalkan keturunan. Atas persetujuan Resi Bisma, Dewi Durgandini mengangkat Bagawan Abiyasa menjadi raja negara Astina dengan gelar Prabu Kresnadwipayana.

0 comments:

Post a Comment