NILARUDRAKA

PRABU NILARUDRAKA adalah putra Prabu Niwatakawaca/Arya Nirbita, raja raksasa negara Manikmantaka dengan permaisuri Dewi Sanjiwati. Ia mempunyai adik kandung bernama Dewi Mustakaweni. Karena ketekunannya bertapa, ia menjadi sangat sakti. Berwatak angkara murka, kejam, bengis, pendendam, dan selalu menurutkan kata hatinya.

Nilarudraka berhasil merebut negara Tanjung Parang setelah menewaskan Prabu Kalaludra dalam satu peperangan. Prabu Nilarudraka menyuruh adiknya, Dewi Mustakaweni untuk mencuri pusaka Jamus Kalimasada milik Prabu Puntadewa. Ia ingin membinasakan keluarga Pandawa, untuk membalas dendam atas kematian ayahnya, Prabu Niwatakawaca yang mati oleh Arjuna dengan panah Pasopati. Usahanya gagal karena Dewi Mustakaweni jatuh cinta pada Prabakusuma/Bambang Priyambada, putra Arjuna dengan Dewi Supraba.
Untuk melampiaskan kejengkelannya, Prabu Nilarudraka kemudian menyerang kahyangan, mengobrak-abrik Suralaya dan mengalahkan para Dewa. Akhirnya Prabu Nilarudraka tewas dalam peperangan melawan Ganesa, manusia berkepala gajah, putra Bhatara Guru dengan Dewi Uma.

0 comments:

Post a Comment