GAGARMAYANG

DEWI GAGARMAYANG adalah bidadari keturunan Sanghyang Triyarta. Ia mempunyai saudara kembar yang bernama Dewi Prabasini.

Meski memiliki bentuik badan yang kurus, namun karena kecantikannya dan daya sensualnya yang tinggi, Dewi Gagarmayang oleh Sanghyang Manikmaya ditetapkan sebagai salah satu dari tujuh bidadari Upacara di Suralaya.

Keenam bidari upacara lainnya adalah ; Dewi Supraba, Dewi Lenglengdanu, Dewi Irimirin, Dewi Tunjungbiru, Dewi Warsiki dan Dewi Wilutama.
Kecantikan Dewi Gagarmayang pernah menggoncangkan Suralaya, ketika Bathara Kalayuwana, putra Bathara Kala dengan Dewi Durga yang ingin memperistri Dewi Gagarmayang ditolak Bathara Guru.

Perang tak dapat dihindarkan antara para dewa Suralaya melawan para raksasa dan makhluk-makhluk siluman dari Setragandamayit. Perang baru berakhir setelah Sanghyang Brahma turun ke arcapada untuk meminta bantuan Resi Kiswabrisma, cucu buyut Dewi Brahmanisri dengan Garuda Aruni/Garuda Briawan.

Dewi Brahmanisri adalah putrid sulung Sanghyang Brahmn dengan Dewi Raraswati. Dalam peperangan tersebut Resi Kiswabriswa berhasil mengalahkan Bathara Kalayuwana dan mengusir pasukan raksasa dan para siluman dari Jonggringsaloka.Dalam kisah ―Arjuna Wiwaha .

Dewi Gagarmayang pernah turun ke arcapada bersama keenam bidadari upacara Suralaya lainnya melaksanakan perintah Sanghyang Indra, untuk membuyarkan atau menggagalkan Arjuna yang sedang bertapa di Goa Mintaraga, hutan Kaliasa di lereng gunung Indrakilo.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Contact

Nama

Email *

Pesan *