BRATALARAS

BAMBANG BRATALARAS adalah putra Arjuna, salah satu dari lima satria Pandawa, putra Prabu Pandu, raja negara Astina dengan Dewi Kunti, putri Mandura. Ibunya bernama Dewi Rarasati/Larasati, putri Prabu Bismaka/Arya Prabu Rukma, raja Kumbina dengan Ken Yusida/Ken Sagupi, seorang swarawati kraton Mandura yang kemudian menjadi isti Demang Antagopa di padepokan Widarakanda/Widarakandang.

Ia mempunyai kakak kandung bernama Bambang Sumitra.

Bratalaras mempunyai sifat dan perwatakan, halus, tenang, pemberani, sangat berbakti dan rasa tanggung jawab yang besar. Sebagai putra Arjuna yang dikenal memiliki banyak istri, Bratalaras mempunyai l1 orang saudara seayah lain ibu, yaitu : Abimanyu, Kumaladewa, Kumalasakti, Wusanggeni, Wilugangga, Bambang Irawan, Prabakusuma/Priyambada, Endang Pregiwa, Endang Pregiwati, Wijanarka, Antakadewa dan Bambang Sembada.

Seperti putra-putra Pandawa lainnya, Bratalaras ikut terjun ke medan perang Bharatayuda. Ia gugur bersam-sama dengan kakaknya, Bambang Sumitra dan keempat saudara lainnya yaitu; Wilugangga, Wijanarka, Prabakusuma dan Antakadewa saat melawan Resi Bisma.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Contact

Nama

Email *

Pesan *