MUMPUNI

DEWI MUMPUNI adalah seorang hapsari/bidadari, putri Resi Kasyapa dengan Dewi Muni, putri Hyang Daksa. Ia mempunyai sifat dan perwatakan ; jujur, penurut dan penuh cinta kasih.

Oleh Sanghyang Indra, Dewi Mumpuni dinikahkan dengan Bathara Yama/Yamadipati, dewa pemegang kunci Yamani/neraka, putra Sanghyang Ismaya dengan Dewi Senggani. Dengan terpaksa Dewi Mumpuni melaksanakan perintah Sanghyang Indra dimana sebenarnya hatinya sama sekali tidak mencintai suaminya itu. Ia memaksakan dirinya karena patuhnya terhadap perintah Sanghyang Indra, yang tak dapat dibantahnya.

Pada suatu saat datang ke kahyangan Hargadumilah, tempat tinggal Dewi Mumpuni, Bambang Nagatatmala, putra Sanghyang Anantaboga dengan Dewi Supreti. Pertemuan tersebut mencetuskan api asmara yang tak terpadamkan dan menimbulkan kasih cinta asmara yang mendalam tiada terpisahkan. Setelah ada kata sepakat, Bambang Nagatatmala dan Dewi Mumpuni lari meninggalkan kahyangan Hargadumilah ke kahyangan Saptapratala.

Bathara Yama begitu mengetahui peristiwa tersebut segera menyusul istrinya ke Saptapratala. Peperangan tak dapat dihindarkan antara Nagatatmala melawan Bathara Yama. Akhirnya Sanghyang Maniikmaya turun ke Saptapratala melerai pertengkaran tersebut. Oleh Sanghyang Manikmaya dijelaskan, bahwa sesuai takdir Dewi Mumpuni memang harus bersuamikan Bambang Nagatatmala. Karena itu Bathara Yama harus merelakan Dewi Mumpuni diperistri Bambang Nagatatmala.

0 comments:

Post a Comment