SUBRAHMANIA

BATHARA SUBRAHMANIA adalah dewa bermata enam. Ia dikenal pula dengan nama Sanghyang Pitamaha. Menurut kitab ―Mahabharata‖ , Bathara Subrahmania atau Sanghyang Pitamaha termasuk satu dari delapan dewa yang lahir dari sebuah telur ajaib yang dikenal dengan nama ―Antiga Mahadwipa‖. Ketujuh dewa lainnya adalah Sanghyang Prajapati, Sanghyang Sutaguru, Sanghyang Stanu, Sanghyang Manu, Sanghyang Ka, Sanghyang Pracetas dan Sanghyang Daksa.

Bathara Subrahmania sangat sakti namun berwatak penyabar dan memilki sifat murah hati. Karena itu ia dikenal sebagai dewa lambang keadilan dan kejayaan dan menjadi tumpuhan pemujaan dan persembahan umat arcapada yang ingin mendapatkan keadilan dan kejayaan dalam hidupnya.

Bathara Subrahmana adalahdewa yang telah mm,ebntikan kaklung untaian bunga melati kepada Dewi Amba, putri Negara Kasi. Dikisahkan, Dewi Amba yang merasa sakit hati dan debdam tehadap Dewabrata / Resi Bisma karena menolak cintanya dan menghancurkan harapan hidupnya, pergi meminta keadilan kepada Bathara Subrahmania. Kepada dewi Amba, dewa bermata enam itu memberikan kalung untaian bunga melati dengan kutukan siapapun yang memakai kalung bunga melati itu ia akan menjadi lawan Dewabrata. Ketika tak seorangpun satria atau raja yang bersedia memakai kalung itu, Dewi Amba yang dalam keputusasaan menggantungkan/mencantelkan kalung itu di pintu gerbang istana kerajaan Pancala. Beberapa tahun kemudian kalung bunga melati itu ditemukan dan dipakai oleh Dewi Srikandi, putrid Prabu Drupada dengan Dewi Gandawati.

Apa yang dikutukkan dan dijanjikan Bathara Subrahmania menjadi kenyataan. Dalam perang Bharatayuda, Dewi Srikandi berhasil menewaskan Dewabrata atau Resi Bisma.

0 comments:

Post a Comment