DEWARUCI

DEWARUCI mempunyai wujud dan bentuk sebagai dewa kerdil. Tokoh Dewaruci hanya dikenal dalam cerita pedalangan Jawa dan hanya ditampilkan saat Bima /Werkudara, satria kedua Pandawa, putra Prabu, raja negara Astina dengan permaisuri Dewi Kunti, mendapat perintah Resi Drona untuk mencari Tirta Amrta/air kehidupan atau Prawitasari.

Dengan kesaktiannya, Dewaruci dapat memasukkan tubuh Bima yang besarnya beberapa kali lipat dari tubuhnya, masuk ke dalam tubuhnya melalui lubang telinga, dimana di dalam tubuh Dewaruci, Bima dapat melihat segala persoalan hidup atas petunjuk Dewaruci. Dewaruci juga merupakan satu-satunya makhuk yang dapat membuat Bima, orang yang selama hidupnya tidak bisa berlutut kepada siapapun, mendadak berlutut dan bersujud menyembah kepadanya.

Kepada Bima, Dewaruci memberikan dan menjabarkan tentang ilmu Sangkan Paraning Dumadi dan Ilmu kasampurnan. Ia banyak menguraikan masalah kebenaran sejati, tentang hakekat dan tujuan hidup yang sebenarnya.

Berkat ajaran Dewaruci, Bima menjadi satria yang berbudi luhur, dapat membedakan antara hak dan kewajiban, mana perbuatan yang benar dan mana perbuatan yang salah yang harus dihindari.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Watake dewa ruci yaiku?

Posting Komentar

Popular Posts

Contact

Nama

Email *

Pesan *