SAPULEBU

DITYA SAPULEBU menurut cerita pedalangan Jawa adalah jin raksasa dari kesatrian Baweratalun, wilayah negara Mertani, sebuah kerajaan siluman yang dalam penglihatan mata biasa merupakan hutan belantara yang sangat angker. Ia mempunyai saudara kembar bernama Ditya Sapujagad yang tinggal di kesatrian Sawojajar. Ditya Sapulebu juga mempunyai tiga saudara seayah lain ibu masing-masing bernama ; Prabu Yudhistira, raja jin negara Mertani, Arya Dandunwacana dari kesatrian Jodipati dan Arya Dananjaya yang tinggal di kesatrian Madukara.

Ditya Sapulebu sangat sakti. Ia memiliki Aji Pramanajati, yang berkhasiat tidak bisa khilaf/lupa. Ketika hutan Mertani ditaklukan keluarga Pandawa, putra Prabu Pandu raja negara Astina, Ditya Sapulebu maju perang menghadapi Sahadewa, putra Prabu Pandu dengan permaisur Dewi Madrim. Setelah mengetahui, Arya Dandunwacana manunggal dalam diri Bima, Arya Dananjaya manunggal dalam diri Arjuna, dan saudara kembarnya Ditya Sapujagad menunggal dalam diri Nakula, Ditya Sapulebu memutuskan untuk manunggal/sejiwa dengan Sahadewa.

Sebelum menukswa/menjelma Ditya Sapulebu menyerahkan Aji Purnamajati dan kesatrian Baweratalun beserta seluruh balatentaranya kepada Sahadewa.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Contact

Nama

Email *

Pesan *