MULATI

DITYA MULATANI adalah putra angkat Detya Maliawan, adik Prabu Sumali, raja negara Alengka. Ia tercipta dari ari-ari Detya Jambumangli, putra tunggal Detya Maliawan. Meskipun memiliki bentuk tubuh agak pendek menurut ukuran raksasa, karena ketekunannya bertapa, Mulatani menjadi sangat sakti.

Detya Mulatani berwatak pemberani, jujur, setia dan penuh pengabdian. Ia mengabdikan diri di negara Alengka sejak masa pemerintahan Prabu Sumali hingga masa pemerintahan Prabu Dasamuka dengan pangkat Tumenggung. Menjelang akhir perang Alengka, dimana negara Alengka diserbu jutaan laskar kera Gowa Kiskenda dibawah pimpinan Prabu Sugriwa yang membantu Prabu Rama dalam upaya merebut dan membebaskan Dewi Sinta dari sekapan Dasamuka, Detya Mulatani diangkat menjadi patih negara Alengka menggantikan Patih Prahasta yang tewas dalam peperangan melawan Anila.

Setelah Indrajid/Megananda, putra Prabu Dasamuka dengan Dewi Tari tewas dalam peperangan oleh panah Surawijaya yang dilepas Laksmana, Mulatani maju ke medan perang memimpin sisa-sisa laskar perang Alengka. Ia akhirnya tewas dalam peperangan melawan Anggada, putra Resi Subali.

0 comments:

Post a Comment