MATSWAPATI

Prabu Matswapati yang pada masa mudanya bernama Durgandana adalah putra Prabu Basuketi dengan Dewi Yukti. Ia mempunyai seorang saudara kandung bernama Dewi Durgandini/Dewi Setyawati yang menjadi istri Resi Palasara, dari Pertapaan Srengga, Gunung Saptaarga, yang juga pendiri negara Gajahoya.

Prabu Matswapati menikah dengan Dewi Rekatawati/Ni Yutisnawati, putri angkat Resi Palasara dan Dewi Durgandini. Dari perkawinan tersebut, ia memperoleh 4 (empat) orang putra bernama : Resi Seta, Raden Utara, Raden Wratsangka dan Dewi Utari. Disamping memperistri Dewi Rekatawati, Prabu

Matswapati juga menerima pengabdian kelima saudara angkatnya, yaitu : Kencaka/Kencakarupa, Upakeca/Rupakenca, Rajamala, Setatama dan Gandawana.Prabu Matswapati berumur sangat panjang --- sampai lima generasi, dari jaman Resi Palasara sampai jaman Prabu Parikesit. Setelah Parikesit --- cucunya, putra Dewi Utari dengan Abimanyu, dinobatkan menjadi raja negara Astinapura menggantikan Prabu Kalimataya/Puntadewa, Prabu Matswapati merasa tugas hidupnya di dunia sudah selesai.

Ia dan istrinya, Dewi Rekatawati, kembali menjadi ikan mas, yang kemudian dilabuh di Sungai Gangga.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Contact

Nama

Email *

Pesan *